Polusi Cahaya

Jadi, beberapa waktu yang lalu (2-3 tahun lalu), saya dan teman-teman saya menyaksikan hujan meteroid di suatu lapangan, sambil berbaring saya melihat ke atas dan melontarkan pertanyaan.

"Kenapa ya langit sekarang bintang nya semakin sedikit?" 
"Iya, jadi itu karena polusi cahaya."

Saya baru mendengar kiasan tersebut. Saya ingat dulu saat rumah saya di Jakarta, rumah saya tingkat dan terdapat jendela untuk keluar dan tidur-tiduran di atap (miring) rumah tetangga. Dan saya ga melakukan apa-apa kecuali tiduran dan memandang langit yang bertabur bintang kaya meses.

Source
Ini langit yang saya lihat

Ini sketsa yang saya coba buat menggunakan aplikasi The Sims
Mirip-mirip sedikit kecuali harusnya atap yang di bawah harusnya miring ke atas seperti segitiga
Beberapa hari kemudian saya iseng cari informasi mengenai polusi cahaya. Singkat kata nya liat di video ya.


Polusi cahaya itu suatu kondisi dimana suatu cahaya yang bersumber dari cahaya buatan dan cahaya alami yang berlebihan. Dimana kita tahu bahwa cahaya buatan lebih banyak daripada cahaya alami, karena banyak lampu-lampu yang dipasang tidak tepat.

Apakah kita kehilangan malam hari?
Apakah kita kehilangan benda langit?

Tidak, tetapi cahaya yang berada di bumi 'lebih terang' dibandingkan benda langit yang hanya dapat dilihat di malam hari.

Menurut International Dark-Sky Association, sumber yang dapat menyebabkan polusi cahaya yaitu :
1. Glare, cahaya yang menyilaukan
Source
2. Skyglow, cahaya langit perkotaan
Source
3. Light trespass, cahaya berlebihan nyang tidak dibutuhkan
Source
4. Clutter, cahaya buatan di kota-kota (misal : lampu taman)
Source
Baca artikel berikut untuk informasi leboh lanjut : Light Pollution

Dampak emang nya apa sih?

1. Buang-buang energi
2. Mengganggu distribusi dan tingkah laku seperti burung, kelelawar dan serangga
3. Ahli-ahli astronomi jadi susah observasi
4. Menggangu pola tidur dan kesehatan

Trus gimana kita mencegah atau mengurangi nya?

1. Gunakan lampu dengan bahan CFL dan bohlam LED yang bercahaya putih
2. Pencahayaan yang tepat sehingga penyinaran efisien
Source
3. Gunakan sensor gerak, jadi lampu itu akan menyala jika dibutuhkan
4. Gunakan produk lampu yang hanya menyinari ke bawah

5. Matikan lampu kalau udah lewat 23.00 (tidak dibutuhkan)

Baca artikel berikut untuk informasi lebih lanjut : How Does Outdoor Lighting Cause Light Pollution?

Kalau perlu kunjungi web berikut The International Dark-Sky Association
Kalian bisa bantu mereka juga melindungi malam supaya anak cucu kalian nanti bisa liat indahnya malam :)

[Bonus]
Peta polusi cahaya di Indonesia

p.s. : akhirnya bisa bikin post an ini, makasih buat reminder status "butuh taburan bintang" nya