Tips & Trik Jebol SNMPTN / SBMPTN

Pertama-tama gue bukan anak undangan tapi gue bisa kasih tau lo cara buat jebol snmptn karna gue juga memperhatikan temen2 gue yang keterima undangan.  

1. Tentuin target sedini mungkin
    Kalo bisa tuh lo dari kelas x udah nentuin mau jurusan apa dan mau ptn dimana. Biar pas belajar lo selalu inget dan semangat. Mungkin masih pada galau sih ya mau ngapain, kaya gue dulu wkwk. Iya, gue jurusannya berubah-berubah seiring berjalannya waktu tapi ya saran gue jangan mepet mepet banget sama pengisian snmptnnya. Yang penting lo udah nentuin mau jadi apa nanti

2. Antara Belajar dan Main
    Ini sih tergantung pribadi masing2 sih, tapi dari yang gue liat mending diseimbangin. Karna dari yang gue liat ada tuh temen yang kerjaannya belajaaarr muluu, tiap diajakin main alasannya kalo gak belajar kalo gak les -___- intinya sih jangan belajar mulu kasihan otak lu butuh refreshing juga

3. Jangan percaya diri dulu!
    Kenapa? Supaya lo tetep mau belajar buat sbmptnnya. Karna dari pengalaman temen gue mereka terlalu percaya diri trus males malesan buat belajar dan akhirnya H-14 tes sbmptn baru belajar dan tentunya hasilnya kurang maksimal

4. Liat grafik nilai dari kelas x-xii
    Nah yang ini penting, supaya lo bisa mengukur, trus lo bisa liat nilai lu naiknya berapa persen dari semester ke semester trus lu bisa realistis sama pilihan ptn lo nanti. Kalo gue setiap pembagian raport semester, nilai eksak sama nilai raport gua bikin tabel sama bikin grafiknya trus dari situ gue bisa liat gimana nilai gue. Gue sih selalu berusaha buat naikin nilai apalagi eksak meskipun cuma 0,1 yang penting jangan turun minimal samalah sama nilai sebelumnya. Tapi ya tetep aja grafik nilai gue kaya gunung hehe

5. Aktif
    Selain lo fokus buat naikin grafik nilai, jangan lupa juga buat aktif di organisasi atau gak eskul. Karna ini bakal jadi nilai plus buat lo dipertimbangin nanti pas snmptn. Karna ada tuh temen gue yang kerjaannya tidur mulu di kelas tapi ternyata dia masuk ptn lewat jalur undangan karena dia aktif di organisasi. Ya intinya sih saran gua ikutin minimal satu eskul.

6. Pilihan
    Setelah lo udah dapet jurusan dan ptn yang lo mau, waktu ngisi pilihan yang snmptn itu jangan sampe salah taro. Intinya pilihan pertama yang passing gradenya tinggi kedua baru passing gradenya lebih rendah dari yang pertama begitu juga jurusan. Trus jangan lupa juga nyari2 info tentang peminat dari sekolah lu dari daerah lu dan dari se indonesia

6. Berdoa dan banyakin sunah lainnya
    Nah, ini nih yang gak boleh kelewatan. Waktu istirahat saran gue lo ke masjid deh, shalat dhuha trus berdoa. Makanya kalo bisa lo bawa bekel deh atau ga bawa juga gapapa. Tapi kalo kelas xii sih gue seringnya bawa bekel jadi bisa makan meskipun udah bel masuk hehe. Trus banyakin tahajud banyakin minta doa ke orang tua maupun guru maupun temen2 lo.

Buat tips snmptn segitu dulu kali ya, sekarang gua lanjut yang tips sbmptn. Berdasarkan pengalaman gue sih gini tipsnya :

1. Jangan kecewa!
    Meskipun udah ditolak mentah-mentah, tenang! Masih banyak jalan menuju Roma bung! Lo positive thinking aja. Mungkin kalo lo masuk undangan mungkin lo gak bisa mempertahanin nilai jadi lo dikasih jalan lewat jalur tulis. Jadi, pilihan Allah lebih baik.

2. Semangat!
    Meskipun hidup ini kayak roda tapi kalo bisa semangat lo itu on fire in. Jangan ampe turun semangat lo buat ngejar impian itu. Karena hidup berawal dari mimpi :)

3. Latihan
    Lo bisa karena biasa, inget tuh. Intinya setiap hari lo harus belajar! Latihan soal kek. Saran gue lo jangan main-main dulu deh sebelum tes sbmptn, boleh sih tapi jangan keterlaluan juga. Karena gua selalu inget saat gue main ribuan saingan gue sedang giat-giatnya belajar.

4. Jangan males buat les
    Jadi gue les gitu kan, jujur aja nih yang paling rajin dateng les itu gue wkwk meskipun rumah gua paling jauh. Gue absen sekali dua kali itupun gara2 sakit atau gak hujan deras. Intinya sih mau lu gak suka sama gurunya mau lu gak suka sama pelajarannya tetep aja lo harus dateng. Karena gak ada yang sia-sia men!

5. Ikutin TO
    Nah, mungkin rada ngemalesin awalnya. Tapi tetep aja lo harus ikutin, supaya lo terbiasa nanti dengan tipe tipe soalnya dan ngisi lembar jawabannya. Dan menurut gue ini juga sebagai tolak ukur dari TO ke TO nanti. Abis itu soal TO nya lo bawa pulang kan, nah jangan didiemin tuh, diarsipin trus lo pelajarin ulang kalo gak tau lo konsul ke guru les lo atau ga tanya ke temen dulu minimal.

6. Hari -H+
    Nah, waktu sbmptn jangan lupa lo minimal H-2 lo udah tau lokasi pelaksanaan ujiannya. Trus lo udah nyiapin apa2 yang harus diperluin kaya alat tulis, kartu ujian, minum, makan dll. Nah H-1 nya lo boleh lah review review trus jangan tidur kemaleman supaya hari H nya lo bisa maksimal ngerjainnya dengan rileks dan santai. Setelah selesai ngerjain ujiannya lo bisa langsung lompat atau jingkrak2an di  rumah dan abis itu lo liburan abis2an karena artinya lo udah bebas wkwk. Tapi kalo lo ikut tes yang lain ya lo cuma butuh refreshing satu atau dua hari lah abis itu baru deh belajar lagi.

7. Berdoa banyakin sunnah
    Yang ini tuh jangan sampe kelewatan, kalo bisa yang wajib nya lo laksanain secara tepat waktu, banyakin dhuha banyakin tahajud banyakin baca quran. Minta doa ke orang tua jangan lupa tuh. Manjur banget kan tuh.

Nih gua kasih quote yang bikin gua semangat dalam belajar buat sbmptn dan yang lainnya :

"Dalam hidup. Ada dua rasa sakit. Yaitu sakitnya perjuangan dan sakitnya penyesalan. Tinggal pilih."