Teman

friend
/frend/
noun
noun: friend; plural noun: friends; noun: Friend; plural noun: Friends
  1. 1.
    a person whom one knows and with whom one has a bond of mutual affection, typically exclusive of sexual or family relations.
  2. 2.
    a member of the Religious Society of Friends; a Quaker.

Banyak pandangan dan persepsi mengenai arti persahabatan…Semuanya punya pandangan sendiri-sendiri dalam memaknainya…seperti “A friend in need is a friend indeed" Gue sangat menjunjung tinggi arti persahabatan (sebenarnya) dan selalu mencintai setiap makna yang terkandung di dalamnya…yaaa…walau pernah beberapa kali dikecewakan dengan permasalahan yang ada…Namun gue tetap berdiri dan mengambil hikmah yang ada. Dulu waktu SD gue pernah benci dengan pernyataan Friendship Forever…apa itu? Duh gak suka deh gue. Nggak bakal ada deh seorang sahabat sampai selamanya. Cuma orang yang naif yang bakal percaya dengan kalimat tersebut dan berujung pada kekecewaan yang mendalam….Tapi setelah gue pikir-pikir…sepertinya gue salah menilai konsep dari "Friendship Forever"  itu sendiri…ternyata, gue sadar….Persahabatan memang selamanya…tapi pastinya akan selalu berganti personil (kaya cherrybelle dong -__-)…seorang sahabat pergi pasti akan ada sahabat yang baru datang mengisi…begitu seterusnya…selamanya…Tapi tentunya, mereka pergi setelah menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya…seperti kata Benny Harris “A true friend always leaves us better than he finds us”

Gue sangat menghargai persahabatan karena untuk ngedapetinnya susah banget. Ngedapetin seseorang yang bisa melengkapi, mendukung dengan tulus, ataupun hanya sekedar memahami siapa kita, Tarun Shah pernah bilang “It is easy to die for a friend, but difficult to find a friend who is worth dying for”… Well, setuju dengan kalimatnya itu.

Gue pribadi pernah merasakan suatu moment yang membenarkan pernyataan “Best friend is someone who understands you even without saying any words”… Seakan bisa bertelepati, diamnya kita saat itu justru bermakna banyak…bisa mengerti satu sama lain walau hanya dengan diam…aneh memang…tapi itulah persahabatan, bisa saling memahami dalam berbagai keadaan.

Gue udah menikmati garam kehidupan selama 16 thn, menelan beberapa kejadian pahit dan beberapa kali hampir jatuh ke lubang yang sama…ya namanya lagi belajar hidup, dikasih masalah baru belajar tapi di setiap segmen-segmen hidup selalu ada teman teman terbaik untuk menolong gue dengan caranya sendiri-sendiri…menyelamatkan gue dari kegilaan…Dan pada akhirnya gue menemukan quote "Friends is family that you choose" well setuju banget sama quote yang satu ini. Terkadang mungkin gak bisa selamanya kita sama mereka terus tapi yang pasti mereka pernah mengisi ruang kebahagiaan maupun kedukaan. Lagian, kalau memang harus ada perpisahan ya gapapa karena setidaknya kita pernah merasakan indahnya pertemuan..